CB INDONESIA , Inspired
Perfomance Style
Dari Sabang sampai Merauke tersebar komunitas CB.
Honda CB
bukanlah sekedar alat kendaraan model
jadul diantara beberapa kendaraan jadul yang masih eksis sampai saat ini.
Bicara tentang motor ini tak lepas dari rasa Persaudaraan antar penggemar CB,
dan ini merupakan sesuatu yang kita banggakan. Sesuatu yang
langka didapati di negeri ini saat ini. Motor tuo tapi gaya muda.
Tidak bisa dipungkiri Honda CB telah banyak
menginspirasi gaya performa sebagian generasi terdahulu juga generasi muda.
Baik itu style nyandang, gaya hidup, dan juga rasa paseduluran
diantara para sesama penggemar CB. Dalam menjaga keeksisannya Komunitas CB
sendiri secara natural menjamur dikalangan masyarakat dengan berbagai pangkat.
Ada seorang PNS suka CB, sebagian para mahasiswa juga banyak, ada juga Aparat
penegak hukum yang punya CB. Dan ini
menjadi sesuatu yang sangat natural sekali, tanpa dibujuk tapi timbul dari
nurani untuk ngurip-urip Honda CB.
Di era modern seperti ini sebenarnya banyak motor edisi baru
yang bermunculan. Alhasil menggeser sparepart motor jadul, jadinya sulit untuk
para CB holic mencari barang yang cocok untuk dipasang di motor CB. Oleh sebab
itu kami hadir untuk memenuhi kebutuhan anda dalam memperindah tampilan CB anda
dengan tetap menjaga gaya retro milik Honda CB.
Sejarah singkat tentang Honda CB, yaitu pertama kali masuk ke
Indonesia tahun 1971 dengan kode Honda CB 100 K1 oleh PT Federal Motor karena
perusahaan tersebut memang baru didirikan 11 Juni 1971. Sebelum CB, tipe sepeda
motor yang pertama kali di produksi AHM adalah tipe bisnis S 90 Z
bermesin 4 tak dengan kapasitas 90cc. Memproduksi disini sebenarnya
hanya merakit, karena pada saat itu PT Federal Motor masih mengimpor
komponennya dari Jepang dalam bentuk CKD(completely knock down).
Kebijakan pemerintah dalam hal lokalisasi komponen otomotif
mendorong PT Federal Motor memproduksi berbagai komponen sepeda motor di dalam
negeri melalui beberapa anak perusahaan, diantaranya;
PT Honda Federal (1974) memproduksi komponen-komponen dasar
sepeda motor Honda seperti rangka, roda, knalpot dsb.
PT Showa Manufacturing Indonesia (1979) khusus memproduksi
peredam kejut
PT Honda Astra Engine Manufacturing (1984) memproduksi mesin
sepeda motor
PT Federal Izumi Manufacturing (1990) khusus memproduksi piston
Pada tahun 2000 PT Federal Motor dan anak-anak perusahaan
di-merger menjadi satu dengan nama PT Astra Honda Motor, dengan komposisi saham
50% PT Astra International Tbk dan 50% Honda Motor Co. Japan.
Saat ini AHM memiliki 3 fasilitas pabrik perakitan ;
Pabrik pertama berlokasi Sunter, Jakarta Utara
yang berfungsi sebagai kantor pusat.
Pabrik kedua berlokasi di Pegangsaan Dua,
Kelapa Gading.
Pabrik ketiga sekaligus pabrik paling mutakhir
berlokasi di kawasan MM 2100 Cikarang Barat, Bekasi. Pabrik ini merupakan
fasilitas pabrik perakitan terbaru yang mulai beroperasi sejak tahun 2005.
Pada tahun 2007, AHM menempati ranking pertama penjualan sepeda
motor di Indonesia dan tingkat ASEAN dengan produksi ke-20 jutanya. Pada
tingkat dunia, AHM menempati ranking 3 setelah pabrik sepeda motor Honda di
Cina dan India.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar